(/hea Firdha Nur Fadhilah XI IPA 1: Perbedaan Coreldraw dengan photoshop
1

Perbedaan Coreldraw dengan photoshop

Posted by Firdha Nur Fadhilah on 7:50 AM
1. Adobe Photoshop Photoshop banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.
Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.
Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini, yang disebut Display, menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang telah diubah namanya menjadi ImagePro. Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; “total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan” dengan cara ini.
Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988. Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh.
Photoshop dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.
Photoshop bekerja di sektor gambar bitmap yang berbasis pixel yaitu gambar yang dibentuk dari sekumpulan pixel atau titik titik dengan warna dan kerapatan tertentu, contohnya semua file dengan ekstensi jpg, bmp, tif dsb.
kalau photopaint basisnya bitmap, photoshop lebih ke psd tapi bisa juga seperti bitmap.


Untuk teknik seleksi yang digunakan photoshop masih kurang dari photopaint.
yaitu teknik seleksi menggunakan brush.kita akan lebih mudah menyeleksi object di photopaint
2. Corel Draw Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. Corel Draw pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasiWindows 2000 dan yang lebih baru. Versi Corel Draw untuk Linux dan Mac OSpernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.
Versi CorelDRAW X5 memiliki tampilan baru serta beberapa aplikasi baru yang tidak ada pada CorelDRAW versi sebelumnya. Beberapa aplikasi terbaru yang ada, di antaranya Quick Start, Table, Smart Drawing Tool, Save as Template, dan lain sebagainya.
Fasilitas Dasar Corel Draw
Quick Start
Pertama kali perangkat lunak CorelDRAW diaktifkan, sistem akan menampilkan kotak dialog welcome. Pada kotak dialog ini, lembar proses yang yang dapat diaktifkan, yaitu:
• quick start: aplikasi ini dapat membantu untuk mempermudah mempersiapkan ruang perancangan grafis baru atau pengubahanrancangan grafis yang pernah dibuat sebelumnya.
• what’s new: aplikasi yang menginformasikan fasilitas baru yang disediakan pada perangkat lunak CorelDRAW X4.
• learning tools: alat yang mempermudah pemakai perangkat lunak CorelDRAW mempelajari fasilitas yang disediakan.
• galeri: galeri digunakan untuk mengunjungi situs komunitas pemakai CorelDRAW. Pada situs tersebut terdapat berbagai rancangan grafisprofesional yang menggunakan perangkat lunak CorelDRAW.
• updates: aplikasi yang digunakan untuk mengunjungi situs resmi perangkat lunak CorelDRAW untuk berbagai keperluan. Salah satunya, yaitu untuk memperbarui model sistem CorelDRAW.
Hints
Hints berada pada sisi kanan kotak dialog utama sistem. Fasilitas ini memberikan petunjuk apa dan bagaimana memproses suatu objek gambar/teks.
Menu Bar
Menu Bar berada pada bagian atas kotak dialog utama sistem. Sistem menu CorelDRAW X4 menggunakan standar sistem operasi Windows yang sangat memudahkan pemakaian.
Standard Toolbar
Standard toolbar terletak di bawah menu bar. Pada standard toolbar, sistem meletakkan simbol proses cepat. Misalnya terdapat simbol seperti folder untuk membuka suatu data grafis CorelDRAW.
Property Bar
Property bar adalah fasilitas tambahan yang muncul setelah memilih salah satu alat dalam fasilitas toolbox. Tujuannya untuk mempermudah pemakaian alat fasilitas toolbox terpilih. Property bar biasanya berada di bawah standard toolbar..
Toolbox
Toolbox biasanya terletak di bagian paling kiri. Sistem meletakkan sebagim memberi tanda lipatan pada sisi kanan bawah alat fasilitas toolbox yang memiliki subalat. Untuk menampilkan daftar subalat tersebut dapat dilakukan dengan mengklik dan menahan simbol alat yang bersangkutan.Jika kita masuk ke corel nanti error tak usa h diulangulang masuk-masuk terus,biar error toolbok,toolbar aneh tak seperti biasanya.
Status Bar
Sistem meletakkan berbagai informasi pada baris status yang terdapat pada sisi bawah kotak dialog utama. Informasi tersebut berkenaan dengan objek gambar/teks dan/atau alat proses terpilih.
Color Palette
Color palette atau kotak warna terletak di bagian paling kanan kotak dialog utama. Untuk memberi warna pada objek gambar/teks cukup melakukan klik seperti biasa. Sedangkan untuk memberi warna garis, klik kanan pada warna yang dipilih dalam kotak warna.
Dialog Box
Sistem CorelDRAW akan meletakkan sejumlah pilihan proses dari fasilitas yang komplek pada suatu kotak dialog. Fasilitas yang bersangkutan dapat diatur melalui kotak dialog tersebut. Misalnya, pengubahan format objek gambar darivektor ke bitmap melalui menu bitmaps submenu convert to bitmap.
Docker
Sistem meletakkan sejumlah kotak dialog fasilitas yang (dianggap) sering digunakan dalam bentuk tetap pada sisi kanan kotak dialog. Format tersebut disebut dengan docker. Fasilitas ini dapar ditampilkan melalui menu window submenu docker.
Fixed/Floating Toolbar
Salah satu keistimewaan dari sistem CorelDRAW X4, yaitu fasilitas toolbox kotak warna, menu bar, standard toolbar, dan/atau property bar yang dapat digeser dan ditempatkan di sembarang lokasi. [1]
Corel Draw [sama dengan adobe illustrator] lebih difokuskan untuk menghasilkan gambar berbasis vektor yang terdiri atas objek. contoh filenya seperti emf, svg, cdr dsb.
Pada beberapa versi awal, Draw masih relatif banyak ketinggalan dengan versi Illustrator. Tetapi, dengan menjadikan Illustrator sebagai benchmark, kurang lebih hanya dalam 8 versi rilisan, kompatibilitas Draw bisa dibilang mulai menyamai Illustrator. Bahkan versi mereka saling berkompetisi secara seimbang ketika Draw mengeluarkan Corel Draw 9 yang bersaing ketat dengan Adobe Illustrator 7 waktu itu. Pada masa kompetisi ketat inilah, kedua software tersebut masuk ke Indonesia melalui CD-CD bajakan yang menyebabkan banyak akses untuk mempelajari keduanya.
3. Adobe Illustrator
Jika ingin membuat illustrasi dengan geometris sederhana, warna gradasi yang tidak terlalu banyak variasi seperti Logo ataupun Kartun sebaiknya menggunakan program berbasis vector seperti Adobe Illustrator yang mengandalkan kesederhanaan bentuk. dan jika ingin membuat gambar yang kompleks, berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka, seperti foto hasil bidikan sebuah kamera, baiknya menggunakan program Adobe Photoshop.
Kalau ditanya kelebihan dan kekurangannya sepertinya tidak bisa dibandingkan karena keduanya berbeda lahan kerjanya walau dapat digunakan secara bersamaan. Kecuali jika anda membandingkan Adobe Illustrator dengan Corel Draw (sama sama vector based) atau Adobe Photoshop dengan Corel Photo Paint (sama-sama pixel based). Yang pasti, keduanya saling membutuhkan satu sama lain. Tergantung kepada kita, bagaimana menempatkan mereka sesuai dengan porsinya.
Pixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Pixel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris “Picture Element” yang disingkat menjadi Pixel. Pada ujung tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci dengan pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi.
Sedangkan Vector adalah Suatu format gambar yang disusun berdasarkan bentuk berbasis kordinat dengan tujuan meminimalisasi penggunaan tempat penyimpanan data. Informasi yang digunakan diantaranya adalah posisi titik awal, titik akhir dan arahnya yang dihitung berdasarkan metode matematika (Bezier, Spline, NURBS, dll) sehingga apabila mau diperbesar segede “hantu” pun bakalanga pecah atau tidak akan mengurangi kualitas gambarnya
Adobe Illustrator (sama dengan Corel Draw) lebih difokuskan untuk menghasilkan gambar vektor yang terdiri atas objek-objek berdasarkan logika kordinat. Contoh filenya seperti eps, emf, svg, cdr dsb.
Pada beberapa versi awal, Draw masih relatif banyak ketinggalan dengan versi Illustrator. Tetapi, dengan menjadikan Illustrator sebagai benchmark, kurang lebih hanya dalam 8 versi rilisan, kompatibilitas Draw bisa dibilang mulai menyamai Illustrator. Bahkan versi mereka saling berkompetisi secara seimbang ketika Draw mengeluarkan Corel Draw 9 yang bersaing ketat dengan Adobe Illustrator 7 waktu itu. Pada masa kompetisi ketat inilah, kedua software tersebut masuk ke Indonesia melalui CD-CD bajakan yang menyebabkan banyak akses untuk mempelajari keduanya
4. Adobe indesign Adobe indesign merupakan salah satu software adobe yang
dikhusukan bagi desainer yang ingin berlayouter ria, didalam indesign
sendiri banyak terdapat tool – tool yang memudahkan kita dalam
membuat layout, baik itu koran, majalah, newsletter, maupun yang
lainnya, indesign merupakan software khusus bagian dari adobe yang
memiliki fitur lengkap yang mengambil bagian dalam desktop publishing
dan indesign sendiri merupakan pengembangan dari adobe page maker
yang pernah menjadi trend pecinta desain layout.
Ada beberapa hal yang perlu kita jadikan kriteria, mengapa adobe
indesign yang menjadi pilihan, diantaranya adalah :
1. Mudah didapat.
Adobe Indesign ini mudah didapat, dan dapat didownload
trialnya di internet, hanya dengan menggunakan bowser
anda, dan mengarahkannya ke masin pencari paman google,
maka anda akan menemukan banyak link untuk dapat
memiliki adobe indesign, anda tinggal pilih yang mana…
2. Mudah Untuk Dikuasai.
Adobe indesign merupakan pengembagan dari adobe page
maker, yang sebagian besar telah banyak digunakan dalam
desain layout, dan untuyk bermigrasi ke indesign tidak lah
susah, karena banyak fitur yang dimilik adobe indesign
hamper sama dengan yang dimiliki adobe page maker. Dan
selain dari pada itu, ingatlah lebih dari sekedar mau
mencoba, tapi jangan pernah menyerah adalah hal yang
jauh lebih penting.
3. Mudah untuk mendapat tutorialnya
Tutorial indesign sangat mudah didapat, baik dalam bentuk
E-book, maupun bentuk fisik, seperti buku-buku yang
dijual di Zikra ataupun took buku lainnya.
4. Merupakan software yang umum digunakan
umum, menjadi criteria yang patut untuk dikategorikan
kenapa kita memilih adobe indesign,ada banyak software
layout lain yang juga dianggap umum, namun menurut saya yang paling umum saat ini, yang patut diacungi jempol
sebagai software desain layout adalah adobe indesign.
Aplikasi desktop publishing yang kini makin populer yaitu Adobe InDesign adalah aplikasi yang digunakan untuk desain layout atau publikasi. Adobe InDesign sering digunakan penerbit majalah, koran, biro cetak, dan biro iklan untuk mendesign produknya. Sebelum Adobe mengeluarkan Adobe InDesign, Adobe telah mengeluarkan Adobe PageMaker yang berfungsi sebagai desain layout juga. Saat ini Adobe PageMaker telah dihentikan produksinya dan Adobe telah mengeluarkan Adobe InDesign CS3 yang lebih powerfull daripada versi sebelumnya maupun Adobe PageMaker Adobe InDesign digunakan untuk desain layout atau publikasi. Adobe InDesign sering digunakan penerbit majalah, koran, biro cetak, dan biro iklan untuk mendesign produknya.
Adobe InDesign CS3 lebih powerfull daripada versi sebelumnya maupun Adobe PageMaker
5. Corel PHOTO-PAINT Corel PHOTO-PAINT adalah sebuah aplikasi dengan sejarah panjang dan satu bahwa saya telah digunakan secara off dan sebagai bertahun-tahun. Corel Photo-Paint 9 tidak semua yang berbeda dalam penampilan luar dan fitur yang disertakan set dari Versi sebelumnya 8, atau bahkan 7 dalam hal ini.
Namun, dengan menggunakan ini Versi baru 9 adalah pengalaman yang jauh lebih baik karena apa yang saya terbaik bisa menggambarkan sebagai perbaikan. Sebelum masuk ke bagaimana Corel PHOTO-PAINT 9 dilakukan, biarkan aku pertama menjelaskan apa paket berisi dan umumnya apa yang dirancang untuk melakukan. Nama PHOTO-PAINT adalah seluas deskriptif yang Anda bisa mendapatkan untuk sebuah citra produk-editing.
Memiliki alat, proses, dan sikat yang seniman memerlukan komputer untuk fotografer lukisan dan digital perlu mendapatkan gambar dari scanner dan kamera digital, warna yang benar, memanipulasi, dan memasukkan dalam dokumen patut diterbitkan berisi tidak hanya gambar foto, tetapi elemen desain grafis dan standar teks dan jenis font yang dimanipulasi.
Selain cat utama dan aplikasi image-editing, Corel juga mencakup Bitstream Font Navigator 3.0 untuk mengatur, melihat, dan pilih font yang disimpan dalam sistem operasi Anda. Canto Cumulus 4.0 adalah aplikasi manajemen aset profesional yang diakui dunia digital; Adobe Acrobat Reader untuk akses ke dokumentasi dalam format Acrobat PDF pada disk;. DigiMarc Digital Watermarking untuk merekam hak cipta Anda di dalam gambar; Manusia Perangkat Lunak Squizz sebuah utilitas gambar morphing; Corel Capture 9 untuk merekam dan menyimpan screenshot, dan Corel Script Editor untuk mengotomatisasi proses.
Fitur dalam Corel PHOTO-PAINT 9 lebih luas dari sekedar tentang setiap produk software editor foto konsumen saat ini tersedia. Mereka termasuk dalam bagian:
• Artistik media kuas yang dapat digunakan langsung dan sebagai kuas kloning untuk melukis atau repaint menggunakan semua jenis efek lukisan alam serta pilihan yang lebih imajinatif.
• Layered efek objek dapat diciptakan untuk memanipulasi, komposit, serta menambahkan elemen grafis seperti jenis dengan bayangan drop melalui gambar fotografi.
• Anda bisa membuka atau menyimpan ke berbagai jenis file grafis membuat sumber daya yang dibuat dalam sejumlah aplikasi yang tersedia, serta menciptakan gambar di PHOTO-PAINT yang dapat digunakan dalam aplikasi lain, termasuk Adobe Photo-shop, MetaCreations pelukis, antara lain.
Ixla dukungan kamera digital built-in menyediakan akses mudah ke gambar yang disimpan oleh sebagian besar merek terkenal dan model kamera.
• Dukungan penuh termasuk untuk output HTML untuk menciptakan konten untuk penerbitan web.
Encapsulated PostScript • Ekspor meliputi peningkatan manajemen warna untuk menjamin hasil cetakan berkualitas tinggi dan output untuk mengimbangi reproduksi tekan.
• Gambar dibuat di PHOTO-PAINT mungkin menjadi output dalam format PDF untuk web atau offset target pencetakan.
• A Wizard termasuk yang membuat output ke biro jasa pra-tekan mudah.
Lebih luas dan terkontrol akses dukungan manajemen warna disertakan, menggabungkan pemilihan salah satu dari sejumlah ruang kerja warna standar dengan profil ICC yang mungkin tertanam dalam file output.
Serta dalam tradisi Corel paket termasuk perpustakaan klip seni 1200 item, foto bebas royalti 1500, 750 benda mengambang, dan 300 font TrueType.
Untuk teknik seleksi yang digunakan photoshop masih kurang dari photopaint.
yaitu teknik seleksi menggunakan brush.kita akan lebih mudah menyeleksi object di photopaint.
photopaint agak sedikit lebih mudah tapi kurang fleksibel penyimpanan datanya. photopaint buatan corel.
kalau photopaint basisnya bitmap, photoshop lebih ke psd tapi bisa juga seperti bitmap.
Photoshop dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.
Kesimpulan :
Ada yang kurang dari program yang berbasis vector (seperti Illustrator dan Corel) yaitu ia tidaklah mampu memanipulasi dengan baik setiap pixel pada gambar. Justru ini menjadi kelebihan dari photoshop yang berorientasi pixel base. Sebagai contoh, penerapan tekhnik mask pada illustrator bisa sangat sulit, dan jauh dari sempurna. Namun tidak jika kita menggunakan photoshop, karena memang takhnik mask adalah sebuah tekhnik yang berorientasi pada manipulasi pixel. Begitu pun filter-filter (efek) seperti blur, brush stroke, distort, noise dan sebagainya yang juga berbasis pada pixel.
Jika ingin membuat illustrasi dengan geometris sederhana, warna gradasi yang tidak terlalu banyak variasi seperti Logo ataupun Kartun sebaiknya menggunakan program berbasis vector seperti Adobe Illustrator yang mengandalkan kesederhanaan bentuk, dan jika ingin membuat gambar yang kompleks, berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka, seperti foto hasil bidikan sebuah kamera, baiknya menggunakan program Adobe Photoshop.
Jika membandingkan Adobe Illustrator dengan Corel Draw (sama sama vector based) atau Adobe Photoshop dengan Corel Photo Paint (sama-sama pixel based). Yang pasti, keduanya saling membutuhkan satu sama lain. Tergantung kepada kita, bagaimana menempatkan mereka sesuai dengan porsinya.
Kedua software tersebut mempunyai lahan pekerjaan yang relatif beda. Kalau Photoshop bekerja di sektor gambar bitmap yang berbasis pixel yaitu gambar yang dibentuk dari sekumpulan pixel atau titik titik dengan warna dan kerapatan tertentu, contohnya semua file dengan ekstensi jpg, bmp, tif dsb. Sementara adobe illustrator [sama dengan corel draw] lebih difokuskan untuk menghasilkan gambar berbasis vektor yang terdiri atas objek. contoh filenya seperti emf, svg, cdr dsb.

1 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Firdha Nur Fadhilah XI IPA 1 All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.