(/hea Firdha Nur Fadhilah XI IPA 1: 5 Gadget yang Berbahaya Bagi Kesehatan
0

5 Gadget yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Posted by Firdha Nur Fadhilah on 6:33 AM
Ternyata perkembangan tekhnologi kini tidak hanya membawa dampak postitf bagi manusia. Dibalik berbagai macam kegunaannya ternyata gadget yang kita gunakan memberikan efek yang negatif terhadap diri kita.  Berikut 5 gadget yang paling berdampak buruk bagi kesehatan kita berikut tips dalam menggunakannya agar meminimalisir  dampak negative yang ditimbulkan.
1. Hadphone
Menggunakan handphone dapat merusak pertumbuhan sel otak pada anak serta menyebabkan tumor otak pada orang dewasa. Yang paling mencengangkan menurut beberapa peneliti, handphone  dapat mengancam populasi manusia. Diteliti bahwa penggunaan hanphone minimal empat jam sehari dapat mengurangi jumlah sperma.
Tips: Gunakanlah speakerphone atau hands-free ketika melakukan atau menerima panggilan.


2. Laptop
Masalah yang kerap terjadi jika meggunakan laptop selama berjam-jam adalah sakit mata dan kepala karena radiasi layar. Selain itu, laptop yang di letakkan di pangkuan dapat membakar paha. Hal ini dikarenakan panas yang keluar dari laptop tersebut. Kasus terparah yang pernah terjadi adalah kanker kulit.
Tips: untuk menghindari sakit mata, berpalinglah dari layar laptop setiap 20 menit selama 2-5 menit. Perbesar font jika diperlukan. Untuk menghindari paha terbakar, gunakanlah alas yang cukup tebal dan empuk agar panas dari laptop dapat terserap.
3. Ipod
Mendengarkan musik dengan iPod selama 1 jam, dapat mengganggu pendegaran. Bahkan dalam kasus yang terparah dapat menjadikan seseorang tuli.
Tips: gunakan busa earphone untuk sedikit meredam suara yang keluar. Jangan menyetel volume sampai batas maksimal.
4. Konsol Game
Menggunakan stik game terlalu lama dapat membuat tangan merah. Hal ini dikarenakan lembabnya tangan karena keringat. Pada Nintendo Wii keluhan yang paling sering adalah lepasnya tulang bahu karena mungkin terlalu bersemangat.
Tips : Pada Nintendo Wii, pastikan lakukan pemanasan untuk menghindari cidera. Dan jangan lupa untuk membaluri tangan dengan bedak unuk mengindari tangan telapak tangan menjadi merah.
5. Komputer
Penyakit yang timbul karena gadget ini adalah masalah jantung dan obesitas karena kurang melakukan gerak. Kejang otot juga sering terjadi karena terlalu lama menggunakan mouse atau kesahalan posisi ketika mengetik.
Tips: tambahkan gelpad pada keyboard. Jangan memaksakan duduk berjam-jam di depan komputer. Usahakan setiap 20 menit melakukan peregangan.

0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Firdha Nur Fadhilah XI IPA 1 All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.